Skip to main content

Ketika Ia Meminta Mainan

'Bunda mau beli mainan di toko x' katanya. Mengingat Ia yang baru saja belanja mainan bersama neneknya (meski tak seberapa), saya pun tak mengizinkannya. 'Teteh kan mainannya masih banyak', ujar saya. Ia merengek sekejap. Saya mengingatkannya akan mainan di rumah yang masih banyak. Lalu nego. Saya akan mengizinkannya membeli mainan tapi mainan di rumah perlu diberikan pada yang membutuhkan agar tak menumpuk. Mendengar itu Ia akhirnya terdiam lalu kembali bermain.
Alhamdulillah di usianya yang semakin besar (4th), Ia semakin bisa diajak nego tanpa rengekan berlebihan. Sebelumnya Ia akan merengek dan menangis ketika keinginannya tak terpenuhi. Biasanya saya akan membiarkannya menangis tanpa memenuhi keinginannya. Sambil mengingatkan bahwa dengan menangis Ia tak akan mendapatkan apa-apa. Ia kemudian bisa sangat marah dan lalu mencari ayahnya untuk mengadu. Nah disini tugas ayahnya yang kembali memahamkan tentang adab meminta. Dan alhamdulillah itu ampuh. Memang kerjasama antar pasangan dalam memahamkan anak akan lebih mudah diterima anak dibandingkan hanya salahsatu pihak saja yang tugasnya memahamkan. Sering berdiskusi tentang hal2 teknis mendidik anak dengan pasangan memudahkan juga memahamkan anak tentang uang.
#day2

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.