Skip to main content

Posts

Ada

Ada rasa
Berdesir berbisik bergemuruh
Inginkan untuk menggelegarRasa inginkan menjalar
Namun tak berdaya
Terkungkung kotak baja
Tak bercelahJikalah bercelah
Kotak baja pun tak berdaya
Rasa bebas menjalar
Mewarna sang kotak baja
Recent posts

Duniaku

Duniaku biru
Ataukah hijau
Atau pink
Atau ungu
Atau hitam
Atau putih
Atau abu
Atau kuning
Atau merah
Atau jingga
Entahlah
Mungkin warna warni
Saling bertemu mewarna
Lalu berakhir bercahaya

Satu Kata

Kusampaikan padamu sebuah kata
Yang entah jadi apa
Hanya pergumulan dalam kepala
Ataukah hangat dalam rasa
Kutitipkan sebuah kata
Entah bermakna apa
Antara ada dan tiada
Asal merasa
Kudekap sebuah kata
Yang hampakan resah
Dicemburui nestapa
Memalingkan duka
Kutangkap sebuah kata
Penuh rasa
Penuh harap
Penuh doa

Langkah Kecil

Langkah langkah kecil itu berlarian Tinggalkan jejak yang lalu hilang Celoteh riangnya lalu terngiang Berputar putar dalam khayalan
Langkah langkah kecil yang tak pernah meragu Hanya bentakan yang membuatnya beku Tak lagi mau  Hanya tergugu
Langkah langkah kecil menuntun yang tergesa Nampak tak mungkin ada Namun itulah Ia Jika kita mau merasa
Langkah langkah kecil memang perlu dituntun Karena Ia nya mudah terjatuh Namun tak pernahlah Ia menyerah Meski berdarah darah

Quality Time Bersama Suami

Entah bisa dianggap quality time atau tidak, namun menonton berdua saja dengan suami tentu membangun kebersamaan. Mencari serial atau film film tertentu yang genrenya sesuai untuk kami memang agak ribet. Mendownload film atau serial yang diincar kadang tak menjadi pilihan. Alasannya tentu memori yang terbatas. Aplikasi 'Viu' memudahkan kami menonton film atau serial incaran tanpa perlu mendownloadnya. Aman dari space memori hp yang sempit namun tak aman dari kuota.

Mendengarkan Radio Tanpa Headset

Umtuk mendengafkan radio di HP biasanya bisa dilakulan asalkan ada headset yang tertempel. Fungsi headset ini sebagai antena. Cukup ribet. Namun sekarang banyak aplikasi di google play yang memudahkan kita untuk mendengarkan radio di smartphone. Salah satunya Tune In. Dengan aplikasi ini saya bisa mendengarkan radio MQ dengan leluasa. Tak perlu menggunakan headset sebagai antena.

Mengapa masih perlu radio? Karena masih banyak siaran radio yang amat bergizi. Tak hanya tausiyah-tausiyah namun juga ilmu enterpreneur, parenting, kesehatan dsb bisa kita temukan via radio. Mendengarkan radio pun bisa dengan melakukan aktivitas lain tanpa gangguan.

Ketika Mati Gaya

Kadang dalam rutinitas masak memasak ada saja kebosanan, mati gaya istilah kerennya. Bukan hanya masak memasak mati gaya pun sering terjadi ketika akan mulai menjahit atau sekedar mencari inspirasi atau tontonan anak-anak. Youtube menjadi salah satu aplikasi untuk mengatasinya. Dengan kata kunci yang tepat sy bisa menemukan banyak referensi memasak secara praktis. Tontonan anak-anak pun banyak. Hanya saja meski disetting dengan strict search sy perlu tetap waspada terhadap video-video yang muncul. Karena ladang ada saja satu dua video yang tak nyambung.

Mempercantik Foto

Untuk mempercantik foto atau sekedar mengkolase foto Photo Grod menjadi aplikasi andalan. Seperti contohnya ketika mengikuti kelas training via WA. Untuk saling mengenal anggota team sy menyengajakan mengkolase foto keluarga kecil kami plus anak sy yg ketiga. Karena anak sy baru lanching tak lama setelah kami foto keluarga. Hasilnya cukup oke untuk pemula seperti saya. 
Mengoperasikan aplikasi ini tak perlu keahlian khusus. Kemudahannya dalam mengoperasikannya menjadikan pemula seperti saya tak sulit untuk memulai. Jika foto perlu sedikit permak pun aplikasi ini dapat memfasilitasinya. Cukup lengkap bukan fiturnya.

Bercerita dan Mencari Banyak Hal

Selebgram mah udah pada tau ya? Selebnya instagram. Awal-awal punya instagram dikira semacam FB dan untuk narsis-narsisan. Ternyata tidak begitu saudara-saudara, hashtag di IG bermanfaat juga buat cari promo atau barang yang kita butuh (gaptek detect, telat tau.  Hehe)
Inget banget pas kemarin ada acara keluarga Ummi, lagi cari villa sewaan. Klo sembarangan nyari sebenernya sih bisa. Cuma belum tentu sesuai yang diharapkan. Belum lagi harus survey untuk memastikan fasilitas dsb. Nah pake IG gampang banget nyari villa dan liat kondisi villa. Bahkan klo beruntung bisa liat foto-foto penyewa sebelumnya di villa sewaan yg diincar.
Hashtag di IG membantu banget tapi suka bikin kesel juga. Pas kita lagi serius liat-liat hashtag yg kita cari, eh yang muncul malah ga berhubungan. Dimaklumi sih karena IG pun dijadikan ajak para olshoper untuk menjajakan dagangannya. Akhirnya hashtag yang viral saat itu bisa diselipkan di iklan mereka. Fungsinya agar iklan mereka ikut terbaca.

Memprediksi Kapan Lahiran

Due date ibu hamil dalam persalinan dapat diperkirakan. Namun tetap saja perkiraan kelahiran terakurat adalah dari tanda-tanda kelahiran. Yang paling kentara adalah adanya kontraksi dan flek. Ada loh aplikasi yang memudahkan para bumil untuk memperkirakan kapan harus ke rumah sakit. Saya menggunakan aplikasi Baby Bump. Di aplikasi itu ada fitur untuk menghitung kontraksi. Dari interval kontraksi sampai jarak antar kontraksi. Klo hasil googling sih jarak antar kontraksinya sudah 5 menit dan lama kontraksinya 30-40 detik menandakan bumil harus segera menghubungi dokter. Biasanya pada kondisi ini dokter akan meminta bumil segera ke rumah sakit. Nah dengan adanya fitur menghitung kontraksi tentu ga perlu pake kira-kira. Hasil perhitungan pun langsung terekam.

'Let's Read' Membaca jadi Simpel

Main bareng anak kadang mati gaya. Baca buku yang sama bunda nya kadang yang bosen, anaknya mah seneng senwng aja. Akhirnya berawal dari salah satu grup WA seseteteh merekomendasikan aplikasi 'Let's Read' yang katanya menarik. Teteh yang lain merekomendasikan aplikasi 'Epic' namun sayang.. Berbayar.. Hehe..
Akhirnya dengan membawa rasa penasaran yang cukup tinggi sy coba install aplikasinya. Awal install ditanya bahasa. Sy centang Inggris dan Indonesia. Maka muncullah macam macam cerita dengan bahasa yg sesuai..
Menarik ternyata judul-judulnya. Untuk percobaan pertama sy membacakan buku berjudul 'Dimana Bonta'. Di keterangannya disebutkan cerita ini termasuk kedalam level 2. Saat mulai membaca sy perlihatkan gambar pada anak-anak. Mereka memperhatikannya sambil mendengar cerita saya. Mereka excited sekali.. Wah ternyata menyenangkan aplikasinya. Ringkas tak perlu berat membawa buku tapi anak2 senang.

Ketika Tilawah Menjadi Ringan

Tilawah saat traveling tentu menjadi tantangan tersendiri. Jangankan saat travelling saat sedang di rumah pun ada saja tantangannya. Di era digital seperti saat ini tantangan membawa Al Quran yang bisa jadi cukup menyita ruang di tas bisa teratasi. Al Quran Digital kian menjamur. Jika memori HP masih lega bahkan banyak aplikasi Al Quran digital dilengkapi dengan muratalnya..

Untuk keseharian saya dan suami pun sengaja menginstall Al Quran Digital di HP. Selain memudahkan ketika akan tilawah saat traveling, juga memudahkan untuk mencari ayat ketika memang sedang mencari referensi. Pun lebih mudah ketika ingin mengajarkan anak-anak untuk mulai menghapal surat pendek.

Mengartikan Tangisan Bayi

Bayi yang menangis tentu menjadi suatu kebingungan tersendiri jika tak kunjung mereda. Harapan mengerti bahasa tangisan bayi lalu mincul. Berharap ada aplikasi yang dapat mengartikannya. Betawal dari sebuah wag, sebuah aplikasi direkomendasikan. Untuk penerjemah tangisan bayi katanya. Madsaz namanya. Aplikasi yang ternyata sederhana namun menjadikan bunda tak perlu kebingungan. 

Bagaimana cara kerjanya? Aplikasi ini akan merekam tangis bayi lalu menganalisa semuanya. Lalu kemudian diberikan perkiraan artinya. Selama ini cukup membantu. Meski seringnya pakai feeling karena ribet klo harus buka aplikasi dulu.

WhatsApp Menyelamatkan Jarak Jauh

Sebagai pejuang LDR, komunikasi tentu menjadi ujung tombak hubungan. Antara suami dan istri juga anak-anak. Tak terbayangkan kacaunya sebuah keluarga ketika komunikasi tak berjalan lancar. Beruntungnya di era digital ini teknologi berkembang pesat. Mengatasi jarak yang terpisah WhatsApp menjadi salah satu penengah.  Tentu banyak aplikasi lain yang dapat menjembatani jarak yang terpisah. Ada line, telegram dan lain sebagainya. Namun keumuman pengguna membuat saya memutuskan menggunakannya. Terlebih semakin lama fasilitas di WhatsApp semakin banyak. Tak lagi hanya sebatas text chatting namun juga telpon suara dan telpon video. Hal yang dulu sulit dilakukan jika memiliki pulsa yang pas pasan. Saat ini asalkan kuota mumpuni maka telpon suara maupun telpon video mudah untuk dinikmati. WhatsApp memudahkan para pejuang LDR untuk memberikan perkembangan terkini anak-anak selain aktivitas harian pribadi. Tentu aplikasi ini pun mudah untuk sekedar memberi apresiasi atau semangat untuk pasangan…

Aqil Balig

Dalam hukum islam aqil balig berarti sampainya seseorang pada tahap kedewasaan. Sedangkan secara biologi, aqil balig yaitu masa pubertas yang ditandai dengan alat muncul. Konsekuensi atas aqil balig adalah adanya kewajiban beribadah dan sudah diberikan hak dan kewajiban muamalat sebagai orang dewasa.
Persiapan orangtua agar anak siap menghadapi aqil baligh, pertama menanamkan iman sejak dini. Kedua menyiapkan pola pikir anak. Ketiga mengajak anak berdialog mengenai konsep hidup seorang muslim. Keempat, memberikan kepercayaan agar tumbuh tanggung jawab. Kelima, mengajarkan kemandirian. Keenam, mengajarkan tentang baligh dan taklif beserta tanda-tandanya.
Peran ayah dan ibu dalam mempersiapkan anak aqil baligh adalah
1. Menyamakan tujuan pengasuhan anak
2. Menjadi teladan dan pendidik
3. Menjadi observer
4. Menjadi pendamping
5. Membantu anak membangun karakter leadershipnya
6. Menyiapkan anak menjadi pribadi mandiri dalam tiap aspek
7. Menyiapkan anak menjadi orangtua yang mandiri (si…