Skip to main content

Mengobservasi Minat dan Bakat

Hari ini tiba-tiba dikejutkan dengan lantunan beberapa ayat Al Quran dari mulutnya. Saya tak pernah menyengaja memintanya menghapal. Namun beberapa kali mendengar potongan ayat yang dimurajaah oleh bundanya rupanya berbekas.
Kekuatan memorinya yang baik membuatnya tampak pula asik mengingat takaran untuk membuat susu. Meski kadang Ia kembali bertanya untuk memastikannya. Namun nampaknya Ia lebih mudah mengingat apa apa yang tersaji secara auditori bukan visual saja. Seperti saat menakar susu untuk adiknya, Ia mengingat takarannya karena Ia tak hanya melihat namun mendengar instruksi.
Menakar susu rupanya Ia samakan seperti membuat kue. Ia antusias sekali jika bundanya sedang membuat kue atau mengadon masakan. Seketika Ia bisa menghentikan aktivitas sebelumnya.
Namun terkadang aktivitas membuat kue tak Ia tuntaskan. Padahal jika itu memang kesukaannya seharusnya Ia tak mudah jenuh bukan? Sepertinya masih perlu banyak obaervasi untuk melihat minat dan bakatnya. Semoga segera terlihat di usianya yg sudah melewati 4 tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.