Skip to main content

Membantu Bunda Mencuci Baju

Teteh sangat aktif sekali kesehariannya. Berlari kesana kemari tanpa lelah. Jika selesai satu aktivitas Ia bisa lanjut ke aktivitas lainnya tanpa jeda. Khas anak-anak yang berenergi.
Pagi itu cucian baju bunda sudah penuh yang artinya waktunya mencuci. Berhubung instalasi perpipaan yang masih temporer akhirnya mencuci berarti bolak-balik ke luar rumah untuk membuka tutup keran. Kenapa tak membiarkan keran ke mesin cuci selalu terbuka? Karena selain mengikuti petunjuk di buku manual (seingat sy) juga karena ada bocor di pipa sambungan. Kan sayang tuh airnya kalau dibiarkan nyala terus. Jadi untuk menghemat air yang menetes seringkali saya mematikan keran tepat ketika mesin cuci sudah di mode mengeringkan.
Hari itu kebetulan bunda sedang di luar membersihkan sampah dapur untuk dimasukkan ke biopori yang sudah dibuat ayahnya anak-anak. Ingat bahwa mesin cuci sudah dijalankan hampir 1 jam saya memanggil teteh. Meminta bantuannya untuk melihat angka yang muncul di mesin cuci agar bisa mematikan keran tepat waktu. Saya tak secara khusus mengajarinya bentuk angka-angka namun rupanya angka-angka itu sudah ada di benaknya. Maka ketika saya meminta tolong menyebutkan angka yang muncul alhamdulillah ia menyebutkannya dengan mantap meski nampaknya ada 1 angka yang salah ia sebut. Tak apalah. Yang penting Ia senang bisa membantu bundanya.
#day1

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.