Skip to main content

Anakku dan Flashcard

Bismillahirrahmaanirrahiim

Flashcard dengan segala macam warna dan gambar biasanya akan sangat mudah menarik perhatian anak kecil. Namun rasanya yang terjadi pada anakku tak begitu kentara perhatiannya. Ia hanya memandanginya beberapa saat lalu kembalu ke aktivitas mainnya. Entah bersepeda berlarian maupun yang lainnya. Entah masalah pada fokus yang rentangnya masih sangat pendek entah ia memang kurang cocok dengan metode belajar menggunakan flashcard. Metode yang menitikberatkan pada gaya belajar visual. Flashcard yang dipunya akhirnya masih teronggok di rak penyimpanannya.
Entah tak begitu suka visualisasi entah dia punya ingatan fotografis(?). Jelasnya seringkali Ia hanya melirik gambar sekali lalu mendengarkan Bundanya berkata sambil Ia meneruskan aktivitas mainnya. Atau menyerocos bercerita segala yang ada dalam pikirnya. Apapun Ia ceritakan, bahkan cerita yang sudah Ia alami beberapa hari, pekan atau bulan sebelumnya.
Mengenalkannya huruf dan angka menjadi tantangan baru bagi Bundanya. Karena huruf dan angka memiliki bentuk yang perlu Ia ingat sedangkan menurut Bundanya Ia seringkali tak fokus melihat visualisasi yang diberikan. Menjadi pertanyaan baru untuk Bundanya, bagaimana membuat Ia tertarik melihat simbol huruf dan angka tanpa membebaninya.
#hariketiga#tantangan10hari

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Kecil

Angin menyentuh lembut dedaunan di pagi itu. Bak seruling, dedaunan pun berdesir mengirimkan irama-irama merdu. Pagi yang indah untuk memulai hari yang lebih indah. Pagi itu tepat seperti yang direncanakan, aku melangkah menuju tempat para sahabatku telah berkumpul. Kami akan pergi ke salahsatu tempat wisata di kawasan bandung.

Belajar dari Nabi Sulaiman dan Burung Hud-hud

Pemimpin biasanya dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu acara atau organisasi. ternyata dalam alquran pun telah ada kisah teladan kepemimpinan Nabi Sulaiman a.s. dan salah satu anak buahnya, burung hud-hud 20. Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: "Mengapa Aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. 21. Pasti akan kuhukum ia dengan hukuman yang berat atau kusembelih ia, kecuali jika ia datang kepadaku dengan alasan yang jelas." 22. Maka tidak lama Kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang engkau belum mengetahuinya. Aku datang kepadamu dari negeri Saba membawa suatu berita yang meyakinkan. 23. Sungguh, kudapati ada seorang perempuan yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta memiliki singgasana yang besar. 24. Aku (burung Hud) dapati dia dan kaumnya menyembah matahari, bukan kepada Allah; dan syaitan telah menjadikan terasa indah bagi mereka p...

Biarkan Pendidikan Memilih

Dewasa ini permasalahan SDM lebih dominan terlihat di negeri ini. Tentu saja ini berkaitan dengan SDM negeri ini yang luar biasa besar. Meski kuantitasnya luar biasa besar, sampai saat ini belum ada kesamarataan kualitas SDMnya. Masih ada ketimpangan antara orang-orang yang berilmu (paham) serta yang tidak. Sangat timpang bahkan. Lihat saja… di negeri ini pelajar yang tawuran dan pelajar yang mencetak tinta emas pada kejuaraan internasional ‘berebutan tempat’ di ruang berita. Orang yang taat peraturan dan yang tak peduli pun mudah terlihat di jalanan. Miris… hanya itu yang dapat menggambarkannya. Apa yang salah? Menelusuri pendidikan tampaknya menjadi gerbang utama pembuka tabir ini. Membahas pendidikan memunculkan bayangan akan tiap tetes peluh para ‘tumpuan pendidikan’. Terbayang pula kerasnya mereka ‘memutar otak’ untuk menyuapi otak-otak cemerlang anak didiknya. Menjadi ketegaan yang amat buruk jika mempersalahkannya. Namun fakta tak selalu seindah bayangan. Saat ini tak lagi ...