Skip to main content

Mencuci Piring Sendiri

Kami sepakat, ketika kami akan melengkapi rumah kami dengan kitchen set, akan menambahkan tangga geser untuk anak agar dapat mencuci piring atau tangannya sendiri. Agar ia lebih mandiri. Ketika akhirnya dana sudah mencukupi, alhamdulillah tangga ini berhasil direalisasikan berupa tangga geser di bawah sink.
Belum lama anak sulung kami keluar dari rumah sakit, mungkin Ia gatal untuk beraktivitas seperti biasa. Berlarian, melompat, dsb. Namun merujuk dari saran dokter, kami pun melarang ia melakukan kegiatan itu. Satu hal yang kami tak ingin melarangnya, keinginannya menjadi bagian untuk membantu kami.
Hari itu, ketika saya sedang memasak, tiba-tiba saja Ia menghampiri, berujar bahwa Ia ingin membantu memasak. Namun, sepersekian detik kemudian Ia menoleh pada sink yang posisinya tentu tak jauh dari kompor. Lalu dengan mantap Ia menghampiri dan berkata, "Bunda, Aku bantu cuci piring saja." Saya pun pasrah mengangguk, dengan syarat Ia harus melipat lengan bajunya terlebih dulu. Setelahnya Ia pun bersemangat mencuci piring, sambil sesekali berujar bahwa bajunya tetap basah. Saya hanya menimpali nanti diganti saja. Meski ada kekhawatiran Ia belum sanggup mencuci piring-piring yang lumayan berat (terutama karena fakta Ia belum fit benar) nyatanya Ia pun pandai mengukur diri. Ia hanya mengambil peralatan yang ukurannya kecil atau tak berat. Alhamdulillah.
Melatih kemandirian berarti menyesuaikan rumah pada keadaan anak. Anak yang belum terlalu tinggi tentu akan kewalahan dengan ketinggian sink yang normal untuk ukuran orang dewasa. Salahsatu kaidah melatih kemandirian yang saya dapat dari IIP ini memang manjur. Ketika Ia mudah menggapai sink, dengan serta merta Ia pun menawarkan diri mencuci piring.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.