Skip to main content

RB Lingkungan Hidup

Permasalahan lingkungan dewasa ini kian bertambah. Polusi pada air, udara, dan tanah kian menjadi. Padahal ketiganya menjadi sumber kehidupan manusia. Mengelola ketiganya dengan baik dapat memberikan kualitas hidup yang baik pula. Ketersediaan atas sumber daya yang baik dapat menunjang sisi ekonomisnya pula.
Pengelolaan lingkungan dapat dilakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan mengelola lingkungan dan limbah rumah kita. Ibu dan anak sebagai agen perubahan menjadi sasaran terbaik untuk pengelolaan lingkungan. RB Lingkungan Hidup adalah salah satu rumah belajar yang dapat dijangkau keduanya.
Jika saya menjadi bagian Ketua RB Lingkungan Hidup Saya akan
A. Berkoordinasi dengan RB Berkebun
B. Mengadakan kulwap rutin bulanan yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan. Materi kulwap berkaitan dengan hal berikut:
1. tips dan trik tadah air hujan dan resapan air
2. Menanam tanaman buah dan bumbu masak di lahan terbatas
3. Aquaponic
4. Pengetahuan tentang apotek hidup
5. Fun farming with Kids
6. Mengasuh dan Mengenalkan Sang Pencipta dengan berkebun

B. Setiap 2 bulan diadakan kopdar. Tema kopdar berkisar ttg plus aliran rasa tentang berkebun di rumah. Lokasi kopdar diutamakan di rumah member ataupun lokasi urban farming dan tempat budidaya organik sayur/ buah/ sejenis.

C. Workshop berkebun feat RB Berkebun

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Kecil

Angin menyentuh lembut dedaunan di pagi itu. Bak seruling, dedaunan pun berdesir mengirimkan irama-irama merdu. Pagi yang indah untuk memulai hari yang lebih indah. Pagi itu tepat seperti yang direncanakan, aku melangkah menuju tempat para sahabatku telah berkumpul. Kami akan pergi ke salahsatu tempat wisata di kawasan bandung.

Belajar dari Nabi Sulaiman dan Burung Hud-hud

Pemimpin biasanya dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu acara atau organisasi. ternyata dalam alquran pun telah ada kisah teladan kepemimpinan Nabi Sulaiman a.s. dan salah satu anak buahnya, burung hud-hud 20. Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: "Mengapa Aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. 21. Pasti akan kuhukum ia dengan hukuman yang berat atau kusembelih ia, kecuali jika ia datang kepadaku dengan alasan yang jelas." 22. Maka tidak lama Kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang engkau belum mengetahuinya. Aku datang kepadamu dari negeri Saba membawa suatu berita yang meyakinkan. 23. Sungguh, kudapati ada seorang perempuan yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta memiliki singgasana yang besar. 24. Aku (burung Hud) dapati dia dan kaumnya menyembah matahari, bukan kepada Allah; dan syaitan telah menjadikan terasa indah bagi mereka p...

Biarkan Pendidikan Memilih

Dewasa ini permasalahan SDM lebih dominan terlihat di negeri ini. Tentu saja ini berkaitan dengan SDM negeri ini yang luar biasa besar. Meski kuantitasnya luar biasa besar, sampai saat ini belum ada kesamarataan kualitas SDMnya. Masih ada ketimpangan antara orang-orang yang berilmu (paham) serta yang tidak. Sangat timpang bahkan. Lihat saja… di negeri ini pelajar yang tawuran dan pelajar yang mencetak tinta emas pada kejuaraan internasional ‘berebutan tempat’ di ruang berita. Orang yang taat peraturan dan yang tak peduli pun mudah terlihat di jalanan. Miris… hanya itu yang dapat menggambarkannya. Apa yang salah? Menelusuri pendidikan tampaknya menjadi gerbang utama pembuka tabir ini. Membahas pendidikan memunculkan bayangan akan tiap tetes peluh para ‘tumpuan pendidikan’. Terbayang pula kerasnya mereka ‘memutar otak’ untuk menyuapi otak-otak cemerlang anak didiknya. Menjadi ketegaan yang amat buruk jika mempersalahkannya. Namun fakta tak selalu seindah bayangan. Saat ini tak lagi ...