Skip to main content

NHW1

Ilmui dahulu sebelum beramal. Mengapa? Karena amal tanpa ilmu tidak akan menghasilkan apapun. Seperti bermain bola tanpa tau peraturannya. Begitu pun menjadi seorang ibu. Inilah yg melandasi diri untuk turut serta dalam IIP (Institut Ibu Profesional) bentukan ibu Septi Wulandani. Seperti sebuah institusi (sekolah), dalam menyamakan persepsi IIP memiliki tahapan matrikulasi. Tahapan ini menjadi tantangan pribadi tahun ini di IIP.


Sebelum menuntut ilmu lebih lanjut via matrikulasi IIP, penyamaan suhu tentang adab menuntut ilmu pun dilakukan di grup.

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Manajemen Keluarga adalah jurusan ilmu yg ingin ditekuni.

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Dengan menguasai ilmu manajemen keluarga sy merasa akan mampu memunculkan potensi yg dimiliki keluarga sehingga muncul kebermanfaatan tiap anggota keluarga terhadap sekitarnya

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Strategi dalam menuntut ilmu di bidang manajemen keluarga yg akan saya lakukan adalah dengan aktif mengikuti komunitas komunitas yang sesuai, meluangkan waktu untuk membaca materi yg sesuai setiap hari atau setiap minggu, berdiskusi dengan pasangan mengenai bidang tersebut, mencari guru-guru kehidupan yang sesuai.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
Sikap yg perlu diperbaiki adalah kedisiplinan dan konsistensi dalam kehadiran dalam majelis ilmu.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.