Skip to main content

Jika Sahabat... Maka Saudara

Sahabat, siapakah itu? apakah kau termasuk kedalamnya? Sahabat terdiri dari 7 kata. Sahabat atau persahabatan adalah perpanjangan dari pertemanan. Jika boleh, saya ingin mengutip sebuah lirik lagu yang populer saat ini, persahabatan bagai kepompong merubah ulat menjadi kupu-kupu. Unik..., itu kesan saya saat mendengar perumpamaan persahabatan tersebut, namun bila di bedah lebih dalam lagi ternyata perumpamaan ini sungguh amat bermakna.

Ya, coba kita pikirkan, dalam kehidupan sang ulat, kepompong dapat menghilangkan rasa kantuk sang ulat, merubah sang ulat menjadi lebih indah dan tak lagi dijauhi raksasa dunianya (manusia, red), dan boleh jadi kepompong ini dapat menghilangkan rasa frustasi -ditandai oleh makan terusnya- sang ulat. That's just a little think we can see or feel, Apa lagi yang kita dapat dari hal ini?

1. Persahabatn seharusnya adalah proses untuk merubah diri kita atau sahabat kita menjadi lebih baik (Dari ulat menjadi kupu-kupu, dari yang tak dipandang menjadi hal yang ditunggu)

2. Persahabatan adalah proses saling melindungi (untuk kebaikan), bukan meninggalkan atau saling meninggalkan sahabat (saat si ulat kekenyangan, frustasi, kepompong menjadi pelindung setia sang ulat sampai akhirnya sang ulat siap untuk melanjutkan harinya).

3. Persahabatan adalah proses mematangkan diri (berdiam di kepompong beberapa waktu untuk kemudian menjadi kupu-kupu)

4. Persahabatan adalah bentuk penerimaan kita terhadap sahabat kita, apapun dia siapapun dia tetap didukung untuk menjadi lebih baik (ulat apapun itu kepompong selalu ada untuk 'mematangkannya' dan merubahnya menjadi kupu-kupu)

5. Persahabatan adalah melakukan yang terbaik untuk sahabatnya agar sahabatnya mendapat yang terbaik.

There is a big think to make Indonesia better, ukhuwah, persaudaraan... Karena persaudaraan itu lebih dari sebuah persahabatan.  
Rasa kecewa di hati tak boleh lantas menghitamkan hati. Berikan yang terbaik untuk saudara seMuslim, untuk Indonesia. Trust me, we can do that if we begin it now.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Masalah

Seringkali kekecewaan menghampiri kita ketika sang harap tak kunjung menjadi nyata. Padahal jika kita memberi sedikit waktu untuk hati dan pikiran kita bekerjasama mencari solusi, maka kecewa itu kan berubah menjadi harap lain untuk dipenuhi. Sebagai analogi saya akan mengambil contoh robot. Sebelumnya kita samakan persepsi ya, apa itu Robot? Robot (menurut saya) adalah suatu rangkaian elektronik yang dirancang oleh manusia menjadi suatu fungsi yang dapat membantu pekerjaan manusia, ini bisa juga diartikan mengabdi. Dengan pengertian seperti ini maka kulkas, radio, komputer dan tv termasuk robot. Sekarang apa itu Manusia? Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah padaNya. Nah dari sisi ini kita bisa melihat adanya kesamaan dalam hubungan manfaat antara manusia dan robot serta manusia dan Allah SWT.

Hayu Naik Kereta

Siang itu di ruang makan rumah eninnya terdengar ramai. Suara kursi digeser serta celoteh anak-anak menggaung. Tak berapa lama kursi telah rapi berjajar dan mereka mulai mengatur siapa dan dimana posisi duduknya. Mereka dengan bersemangat menaikinya dan bernyanyi kereta api. Kreativitasnya siang itu berbekas pada adik pertama Teteh. Ketika Ia di ruang makan dan sedang tak beraktivitas sekonyong konyong Ia menarik kursi sembari berkata 'kereta'. Kreativitas ternyata menular dan mengasikkan.